Akper Rumkit Tkt III Mewisuda 139 Lulusan Ahli Madya Keperawatan

Akper Rumkit Tkt III Mewisuda 139 Lulusan Ahli Madya Keperawatan

Akper Rumkit Tkt III Mewisuda 139 Lulusan Ahli Madya Keperawatan

Direktur Akademi Keperawatan (Akper) Rumkit Tkt III Dr. J. A. Latumeten Ambon,

Bagus Dadang Prasetyo, ST. MT mewisuda 139 lulusan Ahli Madya Keperawatan Angkatan ke IX yang didahului dengan pembacaan Surat Keputusan dalam sidang senat terbuka luar biasa, berlangsung di gedung Ashari Alfatah Rabu (10/12/2014).

Kepala Kesehatan Kodam XVI Pattimura (Kakesdam) Kolonel CKM. dr. Tjuk Dwi Sartadi dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakesdam Letkol CKM. dr. Rahmat Saptono mengungkapkan, pelantikan dan pengambilan sumpah wisuda sudah menjadi hal biasa yang dilakukan di Perguruan Tinggi sebagai tanda mahasiswa mengakhiri perkuliahannya.

Dijelaskan, pelantikan dan pengambilan sumpah juga merupakan sebuah bentuk keterikatan

serta janji agar mereka dapat memahami, mengingat dan mengamalkan, saat memberikan pelayanan kepada sesamam atau masyarakat sekaligus bertanggung jawab kepada Tuhan.

Selain itu jati diri seorang perawat professional yakni perawat yang memiliki kemampuan dan kualitas, yang handal sesuai dengan kompetensinya serta berpedoman pada landasan profesi yang kuat dalam arti beriman kepada Tuhan, dan berlaku jujur, adil tidak membedakan suku, bangsa dan agama, tidak menyakiti pasien serta sebagai panutan, kepada masyarakat bagaimana cara hidup yang sehat.

Karenanya, para wisudawan harus dapat meningkatkan profesionalisme untuk menghadapi

kemajuan Iptek diera globalisasi ini, dimana persaingan semakin ketat untuk meraih pendidikan serta lapangan kerja yang sepadan dengan kompetensi yang tinggi.
Untuk meraih semuanya itu, sangat diperlukan SDM yang memiliki etos kerja yang tinggi, cerdas, kreatif, trampil dan memiliki peradaban.

Diingatkan, bahwa informasi yang disampaikan yakni bagi mereka yang mengikuti pendidikan dengan kuliah dipendidikan kesehatan, atau yang sudah menyelesaikan perkuliahannya akan dijamin oleh pemerintah untuk dapat diangkat sebagai PNS itu tidak benar, karenanya keluarlah Moratorium pengangkatan PNS untuk sementara ditangguhkan,”ucap Kakesdam.

Sementara itu Direktur Akper Rumkit Tkt III dr. J. A. Latumeten Ambon, Bagus Dadang Prasetyo, ST. MT melaporkan, mahasiswa regular Tahun Akademik 2009-2014, dengan rincian tingkat pertama semester I dan II 120 mahasiswa, semester III tingkat dua 152 mahasiswa, smester IV, 147 mahasiswa, smester V tingkat III, 140 mahasiswa, dan smester VI, 139 mahasiswa, dan sampai saat ini jumlah mahasiswa di Akper Rumkit Tkt III, Dr. J. A. Latumeten sebanyak 413 mahasiswa dan rinciannya, Tkt pertama 150 mahasiswa, Tkt kedua 130 mahasiswa, dan Tkt tiga 133 mahasiswa.

Sedangkan mahasiswa lulusan tahun 2014 ini, yaitu mereka yang diwisuda pada hari Selasa 10 Desember 201 adalah mahasiswa lulusan angkatan ke IX, 139 yang diwisuda, dimana mereka terdiri dari mahasiswa umum, mahasiswa tugas belajar,dan mahasiswa program khusus.

Ditambahkan, dosen pengajar di Akper Rumkit Tkt III Dr. J. A. Latumeten Ambon adalah latar belakang pendidikan S2 Kesehatan 21 orang, S1 Kesehatan 8 orang, S2 Kependidikan 8 orang, S1 Kependidikan 2 orang, S1 Keperawatan 11 orang, dan dosen latar belakang pendidikan S3 1 orang.(TM04)

 

Baca Juga :