Apresiasi Wapres untuk Kerja Keras Pemerintah Daerah

Apresiasi Wapres untuk Kerja Keras Pemerintah Daerah

Apresiasi Wapres untuk Kerja Keras Pemerintah Daerah

Wakil Presiden Jusuf Kalla

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengapresiasi pemerintah daerah yang telah bekerja keras dalam mengembangkan inovasi dan melayani publik. Oleh karena itu, Pemerintah Pusat memberikan penghargaan atas inovasi dan kinerja pemerintah daerah.

“Penghargaan ini tentu tidak dicapai dengan mudah, dicapai dengan kerja keras,” kata Wapres Jusuf Kalla ketika menyampaikan sambutan dalam acara Pembukaan Indonesia International Smart City Expo & Forum 2019 di Balai Sidang Jakarta Convention Center pada Rabu (17/7/2019).

Menurut Wapres untuk membentuk sebuah kota yang cerdas dibutuhkan kepala daerah yang cerdas pula. “Kota cerdas hanya dapat direalisasikan oleh bupati atau walikota yang cerdas,” tandasnya.

Wapres Jusuf Kalla menambahkan kota yang maju ditunjukkan dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat dalam berbagai kegiatan ekonomi dan tidak bergantung pada bantuan sosial.

Wapres mengharapkan penghargaan yang diberikan kepada lima pemerintah daerah dan tujuh kepala daerah dapat menjadi motivasi bagi daerah lain agar menjadi lebih baik. Oleh karena itu, Jusuf Kalla mengajak seluruh jajaran pemerintah daerah agar berinovasi untuk kemajuan daerah masing-masing.

“Semua itu hanya dapat digerakkan oleh pemerintah daerah yang penuh inisiatif dan inovatif,” imbuhnya.

Wapres juga mengingatkan agar pemda dapat memaksimalkan penggunaan teknologi dalam mengelola kota dan memastikan teknologi tersebut bermanfaat bagi masyarakat. Bahkan Jusuf Kalla berpesan agar masyarakat turut dididik agar menjadi warga yang cerdas dan taat terhadap aturan.

“Yang penting dikembangkan ialah walikota cerdas dan warga kota yang cerdas,” pesannya.

Dalam acara ini Wapres Jusuf Kalla menyerahkan dua  kategori penghargaan yaitu, pertama, Sam Karya Nugraha yang diberikan kepada institusi pemerintah atau organisasi yang menunjukkan karya tertinggi pelaksanaan pembangunan dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kedua, tanda kehormatan Satya Lencana Karya Bhakti Praja Nugraha sebagai  penghargaan atas jasa besar atau berprestasi kinerja sangat tinggi dalam penyelenggaraan pemerintah daerah berdasarkan hasil evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah.

Penghargaan Sam Karya Nugraha

Penghargaan Sam Karya Nugraha diberikan kepada Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Kuningan, Kota Makassar, dan Kota Gorontalo.

Satya Lencana Karya Bhakti Praja Nugraha

Sementara tanda kehormatan Satya Lencana Karya Bhakti Praja Nugraha diberikan kepada Tuan Guru Muhammad Zainul Majdi (Gubernur Nusa Tenggara Barat Periode 2013-2018), Apri Sujadi (Bupati Bintan), Syarif Mbuinga (Bupati Pahuwato), Firdaus (Walikota Pekanbaru), Ajay Muhammad Priyatna (Walikota Cimahi), Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra (Walikota Denpasar), dan Sugeng Rismiyanto (Walikota Madiun).

Artikel terkait :