Candi Plaosan Lor dan Kidul, Ngawen Serta Sudjiwan

Candi Plaosan Lor dan Kidul, Ngawen Serta Sudjiwan

Candi Plaosan Lor dan Kidul

Candi Plaosan Lor dan Kidul

Kedua candi ini merupakan candi Induk yang dikelilingi oleh candi-candi kecil. Kedua candi ini mirip dengan Candi Sari yaitu candi ini juga berloteng dan mempunyai dua kamar. menurut Prijohutomo (1953: 84) menyimpulkan “Kompleks candi ini tersusun seperti Candi Sari karena tulisan-tulisan singkat yang berbunyi Anumoda Cri Kehulunan dan Dharma Cri Maharaja, tetapi juga karena terdapatnya beberapa potret dalam pahatan dari pemberi hadiah. Nampaknya raja dan permaisurinya dengan para pengikutnya.

Candi Ngawen dan Sudjiwan

Dua buah candi ini juga berasal dari masa Wangsa Sailendra. Seperti yang lainnya, candi ini juga kaya akan keindahan seninya terutama hiasan dindingnya. menurut Prijohutomo (1953: 84) menyimpulkan “Dinding Sadjiwan Jataka juga. Memang cerita-cerita hewan itu sangat populer di zaman Sailendra”.

Ratu Baka

Ratu Baka merupakan suatu kompleks yang sampai kini masih dalam penyelidikan . Mendapat dongeng Ratu baka adalah tempat keraton dari Raja Baka. menurut Prijohutomo (1953: 84) menyimpulkan “disamping arca-arca yang bersifat Buddha ada pula yang bersifat Siwa. Maka kompleks ini rupa-rupanya bukan keraton, melainkan suatu kompleks kuil pula yang dahulu dibangun disitu”.

Artikel terkait :