Cara Mengobati Kucing Belekan

Cara Mengobati Kucing Belekan

Cara Mengobati Kucing Belekan

1. Beralih ke lingkungan yang bersih

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memisahkannya di tempat yang lebih bersih. Jika Anda memiliki banyak kucing dan salah satunya terkena pencekikan, pisahkan pasien agar tidak menyebar ke kucing lain. Terutama jika ditempatkan di tempat yang lebih bersih, itu akan berkontribusi pada proses penyembuhan.

Pastikan lingkungannya steril dan sebelumnya telah dibersihkan. Bersihkan setiap hari agar kucing tidak terkena penyakit lain dan memengaruhi proses penyembuhan.

Saat mentransfer untuk pertama kalinya, jangan langsung meninggalkannya. Tunggu sampai kucing menyesuaikan diri dengan tempat barunya dan jika tidak ada tanda-tanda ketakutan, ia bisa ditinggalkan.

2. Pastikan lingkungan nyaman

Selain menjaga kebersihan tempat tinggal, juga memastikan bahwa lingkungannya nyaman. Kenyamanan tempat tinggal sementara bisa menjadi efek dari proses penyembuhan.

Memang, jika tidak nyaman, kucing akan merasa stres, mogok makan, dll. Dan membuat proses penyembuhan nyaman.

Usahakan untuk memberinya tempat tidur khusus, aneka mainan kucing, dll. Jangan lupa ajak dia bermain sejenak agar tidak bosan karena dia sendirian di tempat ini. Semakin nyaman kucing berada di lingkungannya, semakin cepat proses penyembuhannya.

3. Jangan biarkan rumah keluar dulu

Salah satu tips tentang cara merawat kucing selanjutnya adalah tidak membiarkannya meninggalkan rumah terlebih dahulu. Memang di luar rumah, tentu saja ada banyak debu dan kotoran beterbangan di sekitar dan itu bisa menempel di tubuhnya. Akan lebih buruk lagi jika debu dan kotoran menempel di area sekitar matanya.

Jika Anda lalai dan kucing sudah meninggalkan rumah, segera bawa dia pulang. Segera bersihkan tubuh serta mata agar tidak tergores karena gatal. Kucing yang sering menggaruk mata cacatnya terkadang dapat memperburuk kondisinya.

4. Bersihkan mata kucing secara teratur

Mata kucing yang lengket biasanya akan terlihat sangat kotor dan berair, jadi bersihkan secara teratur. Jangan biarkan tangannya membersihkan matanya karena dia tidak yakin apakah dia bersih dan steril.

Agar tidak memperparah mata yang digosok atau menjadi terinfeksi, Anda harus menggunakan kapas lembut untuk membersihkannya.

Jangan lupa tambahkan sedikit air agar kapas tidak menempel ke mata dan agar kotoran naik lebih cepat.

Bersihkan mata Anda, jangan berharap banyak kotoran, tetapi bersihkan secara berkala, terutama jika punggung Anda cukup buruk. Dia juga bisa menambahkan obat ke kapas untuk membantu meringankan infeksi dan peradangan.

5. Perlakukan secara alami

Sebelum menggunakan obat-obatan kimia dari dokter hewan khusus untuk mata kucing, cobalah mengobatinya dengan bahan alami.

Cara merawat kucing liar dengan bahan alami adalah dengan menggunakan daun sirih. Bagi masyarakat pedesaan, daun sirih dikatakan membuat mata lebih bersih dengan mengedipkannya pada rebusan dingin.

Metode ini juga dapat diterapkan pada mata kucing yang kompleks, hanya saja sangat berbeda dari apa yang dilakukan manusia.

Ambil daun sirih, lalu rebus seperti air mendidih sampai matang. Diamkan sebentar sampai dingin dan gunakan untuk membersihkan mata kucing yang digosok dengan kapas.

Dia juga bisa menggunakan daun kitolod yang dikatakan bisa membantu mengobati sakit mata. Cara menggunakannya sama seperti daun sirih.

Hanya dengan menggunakan daun kitolod ini Anda harus memperhatikan dosisnya agar tidak memberikan efek samping yang buruk pada kucing. Konsultasikan dengan dokter hewan Anda untuk dosis penggunaan yang aman.


Sumber:

https://rumahkucing.co.id/