Desain Konsol XBox Terbaru Dipamerin, Dipanggil Sebagai Series X

Desain Konsol XBox Terbaru Dipamerin, Dipanggil Sebagai Series X

Desain Konsol XBox Terbaru Dipamerin, Dipanggil Sebagai Series X

Xbox generasi berikutnya dari Microsoft secara resmi akan punya nama panggilan Xbox Series X. Microsoft mengungkap nama dan desain konsol terbarunya itu dari atas panggung Game Awards yang digelar pada tanggal 13 Desember 2019 di Los Angeles, California, Amerika Serikat.

Ya! Dari video teaser yang dipertontonkan, konsol Xbox terbaru itu terlihat jauh berbeda daripada konsol Xbox sebelumnya. Microsoft memberikan pandangan sekilas mengenai desain konsol barunya itu dan dikatakan, konsol Xbox terbaru ini dirancang untuk digunakan dalam orientasi vertikal atau horizontal.

Phil Spencer, sebagai kepala Microsoft Xbox yang berbicara dengan GameSpot

menjanjkan bahwa konsol Xbox Series X ini memiliki empat kali kekuatan pemrosesan Xbox One X dengan cara yang lebih efesien. Mengenai dapur pacunya, Spencer memang tidak menyebutkan secara detail CPU yang akan digunakan.

Hanya disebutkan, Xbox Series X akan punya CPU yang dirancang khusus berdasarkan arsitektur AMD Zen 2 dan Radeon RDNA. Selain itu, Microsoft juga akan menggunakan NVMe SSD sebagai penyimpanan internalnya. Selain itu, konsol terbaru ini juga akan mendukung game 8K dan frame rate hingga 120 fps.

Spencer juga tidak berbicara banyak mengenai spesifikasi kinerja GPU yang dijebloskan ke dalam Xbox Series X. Tetapi, bisa terlihat dalam trailer Senua’s Saga: Hellblade II yang dikatakan seharusnya mampu berjalan optimal di mesin permainan, meskipun secara real-time.

Penuh percaya diri, Spencer juga mengatakan bahwa GPU yang ada pada Xbox Series X

memiliki kekuatan lebih dari delapan kali GPU yang ada pada Xbox One dan dua kali lebih tinggi dari Xbox One X. Dikatakan, Xbox One X punya 6 teraflops dari keinerja GPU, jadi Xbox Series X mampu mencapai 12 teraflops.

Berbicara mengenai kontroler, Microsoft juga mengungkapkan bahwa konsol ini datang dengan Xbox Wireless Controller terbaru. Ya! Dikatakan ukuran dan bentuknya telah benar-benar disempurnakan untuk mengakomodasi lebih banyak orang dan juga telah dilengkapi tombol Share terbaru.

Nilai jual dari kontroler terbaru dikatakan akan memiliki kompabilitas dengan konsol lawas,

seperti Xbox One dan juga laptop atau PC berbasis Windows 10. Selain itu, dijanjikan bahwa kontroler baru ini akan tersedia sepaket dalam penjualan bersama dengan Xbox Series X.

Xbox Series X juga diklaim sebagai konsol paling reponsif yang pernah ada. Hal ini karena Microsoft menyelipkan Auto Low Latency Mode (ALLM) dan Dynamic Latency Input (DLI) ke dalam konsol terbarunya itu. Dtambahkan oleh Spencer bahwa Seri X ini dirancang untuk masa depan di cloud.

Sebelumnya, Microsoft telah mengerjakan Xbox Series X dengan nama Project Scarlett. Ya! Penamaan ini membuntuti Sony yang sebelumnya telah mengkonfirmasi bahwa konsol berikutnya akan datang dengan sebutan PlayStation 5. Meski begitu, Microsoft lebih percaya diri bahwa konsol barunya ini akan menjadi yang “tercepat” dan “paling kuat”.

 

Baca Juga :