Matematika Tulang Punggung Ilmu, Gubernur Sumbar: Takut Matematika Secara Psikologis Kesalahan Lingkungan

Matematika Tulang Punggung Ilmu, Gubernur Sumbar: Takut Matematika Secara Psikologis Kesalahan Lingkungan

Matematika Tulang Punggung Ilmu, Gubernur Sumbar Takut Matematika Secara Psikologis Kesalahan Lingkungan

Matematika dan statistik adalah bidang ilmu yang paling banyak gunanya

. Bahkan matematikan adalah tulang punggung ilmu pengetahuan. Maka akan rugi orang yang tak suka matematikan dan aplikasi statistika.

Hal ini dikatakan Gubernur Sumbar Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, ketika memberikan sambutan dalam acara jamuan makan malam bagi para peserta seminar nasional matematikan dan statistika dan musyawarah nasional Forum Pendidikan Tinggi Statistika Indonesia yang berlangsung di UNP Padang, sejak Kamis (25/2/2016).

Disebutkan Gubernur, ilmu matematika dan aplikasi statistika, digunakan dalam semua lini

, termasuk dalam politik. “Hasil polling dan analisis politik lembaga survei terhadap demokrasi termasuk Pilkada, adalah proses matematika dalam aplikasi statistika,” kata Irwan.

Pada umumnya, para politisi akan menggunakan analisis polling ini dalam melangkah pada sebuah proses poiitik dalam demokrasi. Apa itu, pemilu, pilpres atau pilkada.”Namun anehnya, yang bekerja menganalisis data orang matematika, yang tenar malah orang sosial pemilik lembaga survei,” sebut Irwan diiringi tawa hadirin.

Disamping itu, kata gubernur yang juga psikolog ini, momok takut akan matematika dan statistika adalah kesalahan lingkungan. Padahal mencintainya banyak gunanya dalam kehidupan. “Orang punya logika matematika, akan hidup dengan efektif, efisien, teratur dan praktis,” sebutnya.

Ia juga menyebutkan, orang sukses itu pada umumnya punya nalar matematika yang bagus

. “Kami di pemerintahan juga menggunakan nalar matematika dalam mengangkat pejabat yang dipercaya,” katanya.

Acara makan malam sendiri juga dihadiri Rektor UNP Prof Dr Yanuar Kiram, Sekda Sumbar Dr Ali Asmar, Kapala BPS Pusat dan Kepala BPS Provinsi Sumatera Barat.

 

Sumber :

https://www.emailmeform.com/builder/form/28sbRg7D0pN0iLZ