Pahami Pola Asuh Anak

Pahami Pola Asuh Anak

Pahami Pola Asuh Anak

 Para orang tua, diminta  bisa memahami pola asuh anak dengan baik.

Tak hanya itu, cara orang tua dalam mendidik anak juga menentukan masa depan anak saat dewasa kelak. Demikian ditegaskan Ketua Kampung KB Graha Melasti, Desa Sumberjaya, Kecamatan Tambun Selatan Salmi, usai memperingahti hari anak nasional, kemarin.

“Pentingnya pemahaman pola asuh anak bagi para orang tua. Pemahaman dan ketrampilan orang tua dalam mengasuh dan mendidik anak sangatlah penting. Serial orang tua, terutama Ibu harus menjadi sekolah pertama bagi anak anaknya, terutama dalam keluarga,” ungkap Salmi kepada Radar Bekasi Senin kemarin, (23/7)

Dia menambahkan, keberhasilan orang tua dalam mengasuh anak akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang baik. Untuk memulai itu, Salmi berharap orang tua bisa memulainya sejak dini.

“Keberhasilan sebuah keluarga dalam melahirkan generasi penerus bangsa yang baik

seharusnya sudah dimulai sejak awal, perencanaan membangun rumah tangga, bagaimana seseorang mencari calon pasangan hidup yang secara lahir dan batin siap  untuk berumah tangga.  Tidak  hanya kesiapan material saja, namun matang secara biologis, dan Psikis akan menentukan kwalitas sebuah keluarga nantinya,” tambahnya.

Dalam perencanaan memiliki anak, lanjut Salmi, para orangtua haruslah berpikir matang-matang. Harus memiliki perencanaan yang matang dan juga kesiapan mental yang kuat untuk mendukung pertumbuh-kembangan sang anak.

“Memiliki anak seharusnya dengan perencanaan yang matang. Orang tua harus memiliki

kesiapan mental dan juga materi untuk mendukung tumbuh kembang anak-anaknya. Pengetahuan dan keterampilan orang tua dalam mengasuh dan mendidik anak-anaknya juga harus diiringi dengan stimulan yang tepat sangatlah menentukan karakter anak nantinya,” tambah Salmi, wanita yang juga menjadi penanggung jawab Satuan PAUD Sejenis (SPS) Eddelweis ini.

“Dizaman modern sepertinya sekarang ini, orang tua dituntut untuk lebih pandai dan bijak dalam menerapkan pola asuh anak-anaknya. Dengan pola asuh anak yang benar, sesuai dengan kebutuhan dan keunikan anak masing-masing, maka akan terciptalah generasi yang berkarakter. Tentunya dengan pemenuhan hak-hak anak, generasi kedepan akan tumbuh sesuai dengan harapan kita bersama,” sambungnya.

 

Sumber :

https://ruangseni.com/