SMPN 1 Kota Bekasi Siap Hadapi e-Rapor 2018

SMPN 1 Kota Bekasi Siap Hadapi e-Rapor 2018

SMPN 1 Kota Bekasi Siap Hadapi e-Rapor 2018

Perkembangan era teknologi 2018 menuntut Sekolah Menengah Pertama Negeri

(SMPN) 1 Kota Bekasi untuk siap menerapkan sistem (Information Technology (IT) dalam proses pembelajaran, yakni e-Rapor atau rapor elektronik. Demikian disampaikan Kepala Sekolah SMPN 1 Kota Bekasi Hj Euis Siti Halimah MPd dalam acara pelatihan e-Rapor, Selasa (27/3/2018).

Euis menjelaskan, e-Rapor merupakan program pusat (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemendikbud), kementerian telah mengembangkan aplikasi e-Rapor untuk SMP yang terintegrasi dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) sebagaimana Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

“Jadi, ini merupakan program yang sangat bagus dari kementerian dan SMPN 1

, adalah yang pertama menerapkan e-Rapor di Kota Bekasi. Dengan sistem e-Rapor, sekolah dan pihak luar bisa melihat hasil evaluasi belajar siswa, mulai dari ulangan harian, tengah semester, nilai teori dan praktik hingga ujian akhir semester dapat dilihat secara online,” ucap Euis.

Ia pun berharap agar seluruh guru dan operator bisa mahir mengoperasikan data-data nilai siswa sesuai dengan format yang telah disediakan Kemendikbud.

Wakil Bidang Kurikulum SMPN 1 Kota Bekasi Indri Hastuti menambahkan,

dengan adanya e-Rapor ini administrasi akan menjadi lebih tertib, sistematis, komprehensif, dan akurat.

“Jadi setiap ulangan nilainya langsung masuk ke aplikasi e-Rapor. Di aplikasi e-Rapor ada nilai harian, bimbingan konseling sampai wali kelas,” terang Indri

 

Sumber :

https://www.belajarbahasainggrisku.id/